SATU PERSEPSI PENGAWASAN JAJANAN MAKANAN SEHAT DI SEKOLAH

Badan POM menerima kunjungan KPAI terkait kerjasama tentang bentuk sosialisasi dan advokasi pengawasan jajanan makanan sehat di lingkungan sekolah. Kepala Badan POM Bapak DR.Roy A. Sparringa yang didampingi Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Bapak Halim Nababan, MM serta jajaran Badan POM menyambut hangat kedatangan Tim KPAI berkunjung ke kantor Badan POM Pusat. “Kami sangat senang dan mengapresiasi atas kunjungan dari KPAI ke kantor kami, kunjungan ini hendaknya kita upayakan untuk mensinergikan antara program Badan POM dengan program KPAI terkait perlindungan dan pemenuhan hak anak di Indonesia” sebut DR.Roy

Dalam kesempatan tersebut juga dibicarakan tentang program pengawasan makanan di lingkungan sekolah. Program ini bisa dilaksanakan dengan memberdayakan sekolah sebagai salah satu prisai pengawasan terhadap jajanan makanan tersebut. Tentunya dalam pemberdayaan itu, ikut disertakan pula dengan menggandengan masyarakat untuk bersama-sama berperan dalam hal pengawasan dan perlindungan bagi anak-anak. Pola pemberdayaan ini akan diberikan dalam bentuk sosialisasi dan advokasi yang disampaikan oleh para fasilitator yang telah ditunjuk Badan POM dan KPAI, tak lupa pula menggandeng para media massa dan media elektronik untuk menyebarkan dan mengkampanyekan sosialisasi ini melalui media-media yang ada.

Upaya ini merupakan salah satu bentuk usaha menangani permasalahan makanan yang dikonsumsi oleh siswa-siswa di sekolah seluruh Indonesia, karena dominan kasus anak yang keracunan di sekolah disebabkan makanan yang dijual oleh pedagang jajanan tidak higeines memenuhi standar kebersihan dan kesehatan. Lemahnya pengawasan jajanan ini berdampak buruk bagi kesehatan siswa, yang berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuhnya dimasa mendatang.

“Untuk penyelenggarakan pengawasan jajanan makanan yang sehat di lingkungan sekolah ini, maka KPAI memandang perlu bekerjasama dengan Badan POM untuk lebih memasifkan gerakan perlindungan anak Indonesia” sebut Dr.Titik. Kepala Badan POM menyambut baik gagasan dari Ibu Titik, maka dalam waktu dekat KPAI dengan Badan POM akan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Sosialisasi Pengawasan Jajanan Makanan di Sekolah.

Exit mobile version