Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah
    • Logo KPAI
    • Komisioner
    • Struktur Organisasi
  • Publikasi
    • Semua
    • Siaran Pers
    • Berita KPAI
    • Artikel
    • Suara Kita
    • Tinjauan
    • Aksi
    • Buku
    • Video
    • Foto Galeri
    • infografis
    KOLABORASI DAN SINERGI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN HAK RESTITUSI

    KOLABORASI DAN SINERGI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN HAK RESTITUSI

    PARTISIPASI ANAK-ANAK SURABAYA DALAM MENYUARAKAN HAK DI HARI ANAK NASIONAL 2022

    PARTISIPASI ANAK-ANAK SURABAYA DALAM MENYUARAKAN HAK DI HARI ANAK NASIONAL 2022

    KPAI: SINERGI MITRA PEMBANGUNAN WUJUDKAN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK DI SURABAYA

    KPAI: SINERGI MITRA PEMBANGUNAN WUJUDKAN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK DI SURABAYA

    SAMBUT HAN 2022, KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA GELAR ANUGERAH KPAI

    SAMBUT HAN 2022, KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA GELAR ANUGERAH KPAI

    EFEKTIF, PELATIHAN JURNALISTIK DAN KEHUMASAN

    EFEKTIF, PELATIHAN JURNALISTIK DAN KEHUMASAN

    KPAI : TINGKATKAN PENGAWASAN PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN ANAK-ANAK PENGUNGSI LUAR NEGERI

    KPAI : TINGKATKAN PENGAWASAN PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN ANAK-ANAK PENGUNGSI LUAR NEGERI

    KPAI BERHARAP KEDEPAN  HADIR HOEGENG YANG HUMANIS, RAMAH ANAK, BERINTEGRITAS DAN BERORIENTASI PADA PELAYANAN TERBAIK

    KPAI BERHARAP KEDEPAN HADIR HOEGENG YANG HUMANIS, RAMAH ANAK, BERINTEGRITAS DAN BERORIENTASI PADA PELAYANAN TERBAIK

    KPAI DAN KOPRI PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA PUTRI TANDA TANGANI NOTA KESEPAHAMAN TENTANG SINERGITAS PERLINDUNGAN ANAK

    KPAI DAN KOPRI PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA PUTRI TANDA TANGANI NOTA KESEPAHAMAN TENTANG SINERGITAS PERLINDUNGAN ANAK

    BENTUK-BENTUK PENYIKSAAN TERHADAP ANAK HARUS DIHENTIKAN, PEMERINTAH DIDORONG SEGERA RATIFIKASI OPCAT

    BENTUK-BENTUK PENYIKSAAN TERHADAP ANAK HARUS DIHENTIKAN, PEMERINTAH DIDORONG SEGERA RATIFIKASI OPCAT

    KPAI PENGAWASAN DI LPKA BENGKULU WUJUD PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN ANAK  ABH

    KPAI PENGAWASAN DI LPKA BENGKULU WUJUD PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN ANAK ABH

    PENEGAK HUKUM WAJIB MEMBERITAHUKAN HAK ATAS RESTITUSI KEPADA KORBAN

    PENEGAK HUKUM WAJIB MEMBERITAHUKAN HAK ATAS RESTITUSI KEPADA KORBAN

    KPAI HADIRI RAKOR BERSAMA KSP, KEMEN PPPA, KEMEN PUPR :3 (TIGA) HAL PENTING YANG PERLU DIPASTIKAN TERKAIT PUSAT PERMAINAN ANAK

    KPAI HADIRI RAKOR BERSAMA KSP, KEMEN PPPA, KEMEN PUPR :3 (TIGA) HAL PENTING YANG PERLU DIPASTIKAN TERKAIT PUSAT PERMAINAN ANAK

  • Informasi Publik
    • Semua
    • Pengumuman
    • Laporan Tahunan
    • Renstra
    • LAKIP
    • Indikator Kinerja Utama
    • Perjanjian Kinerja
    • Magang
    • Himbauan
    TELAAH PENGAWASAN PEMENUHAN HAK PENGASUHAN ANAK PADA ORANG TUA TUNGGAL, ORANG TUA BERKONFLIK, DAN ORANG TUA BERCERAI

    TELAAH PENGAWASAN PEMENUHAN HAK PENGASUHAN ANAK PADA ORANG TUA TUNGGAL, ORANG TUA BERKONFLIK, DAN ORANG TUA BERCERAI

    LINDUNGI ANAK INDONESIA – Jingle KPAI (Official)

    LINDUNGI ANAK INDONESIA – Jingle KPAI (Official)

    PENERIMAAN PEGAWAI PEMERINTAH NON PEGAWAI NEGERI (PPNPN) TAHUN 2022

    PENERIMAAN PEGAWAI PEMERINTAH NON PEGAWAI NEGERI (PPNPN) TAHUN 2022

    PENGUMUMAN PENETAPAN HASIL SELEKSI TAHAP AKHIR CALON ANGGOTA KPAI PERIODE 2022-2027

    PENGUMUMAN PENETAPAN HASIL SELEKSI TAHAP AKHIR CALON ANGGOTA KPAI PERIODE 2022-2027

    PENGUMUMAN HASIL TES TERTULIS CALON ANGGOTA KPAI 2022-2027

    PENGUMUMAN HASIL TES TERTULIS CALON ANGGOTA KPAI 2022-2027

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI ANGGOTA KPAI 2022-2027

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI ANGGOTA KPAI 2022-2027

    PENERIMAAN PEGAWAI PEMERINTAH NON PEGAWAI NEGERI (PPNPN) 2022

    PENERIMAAN PEGAWAI PEMERINTAH NON PEGAWAI NEGERI (PPNPN) 2022

    PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPAI TAHUN 2022-2027

    PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPAI TAHUN 2022-2027

    Pemenang Kategori Tokoh Anak Inspiratif peduli terhadap perlindungan anak

    Kategori Kementerian/Lembaga yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis aplikasi SIMEP

    Pemenang Kategori Tokoh Anak Inspiratif peduli terhadap perlindungan anak

    ANUGERAH KPAI 2021 memberikan Penghargaan Khusus atas komitmen dan inovasi dalam perumusan kebijakan, koordinasi dan sinkronisasi penyelenggaraan perlindungan anak

    Pemenang Kategori Tokoh Anak Inspiratif peduli terhadap perlindungan anak

    Kategori Pemerintah Daerah yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis aplikasi SIMEP

    Pemenang Kategori Tokoh Anak Inspiratif peduli terhadap perlindungan anak

    Pemenang Kategori Tenaga Profesi Peduli Anak

  • Data
    • Data Perlindungan Anak
    • Regulasi
  • Layanan Publik
    • Pengaduan Online
    • KPAD
    • Layanan Persuratan
    • Layanan Pengaduan
  • Hubungi Kami
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil pencarian
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah
    • Logo KPAI
    • Komisioner
    • Struktur Organisasi
  • Publikasi
    • Semua
    • Siaran Pers
    • Berita KPAI
    • Artikel
    • Suara Kita
    • Tinjauan
    • Aksi
    • Buku
    • Video
    • Foto Galeri
    • infografis
    KOLABORASI DAN SINERGI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN HAK RESTITUSI

    KOLABORASI DAN SINERGI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN HAK RESTITUSI

    PARTISIPASI ANAK-ANAK SURABAYA DALAM MENYUARAKAN HAK DI HARI ANAK NASIONAL 2022

    PARTISIPASI ANAK-ANAK SURABAYA DALAM MENYUARAKAN HAK DI HARI ANAK NASIONAL 2022

    KPAI: SINERGI MITRA PEMBANGUNAN WUJUDKAN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK DI SURABAYA

    KPAI: SINERGI MITRA PEMBANGUNAN WUJUDKAN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK DI SURABAYA

    SAMBUT HAN 2022, KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA GELAR ANUGERAH KPAI

    SAMBUT HAN 2022, KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA GELAR ANUGERAH KPAI

    EFEKTIF, PELATIHAN JURNALISTIK DAN KEHUMASAN

    EFEKTIF, PELATIHAN JURNALISTIK DAN KEHUMASAN

    KPAI : TINGKATKAN PENGAWASAN PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN ANAK-ANAK PENGUNGSI LUAR NEGERI

    KPAI : TINGKATKAN PENGAWASAN PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN ANAK-ANAK PENGUNGSI LUAR NEGERI

    KPAI BERHARAP KEDEPAN  HADIR HOEGENG YANG HUMANIS, RAMAH ANAK, BERINTEGRITAS DAN BERORIENTASI PADA PELAYANAN TERBAIK

    KPAI BERHARAP KEDEPAN HADIR HOEGENG YANG HUMANIS, RAMAH ANAK, BERINTEGRITAS DAN BERORIENTASI PADA PELAYANAN TERBAIK

    KPAI DAN KOPRI PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA PUTRI TANDA TANGANI NOTA KESEPAHAMAN TENTANG SINERGITAS PERLINDUNGAN ANAK

    KPAI DAN KOPRI PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA PUTRI TANDA TANGANI NOTA KESEPAHAMAN TENTANG SINERGITAS PERLINDUNGAN ANAK

    BENTUK-BENTUK PENYIKSAAN TERHADAP ANAK HARUS DIHENTIKAN, PEMERINTAH DIDORONG SEGERA RATIFIKASI OPCAT

    BENTUK-BENTUK PENYIKSAAN TERHADAP ANAK HARUS DIHENTIKAN, PEMERINTAH DIDORONG SEGERA RATIFIKASI OPCAT

    KPAI PENGAWASAN DI LPKA BENGKULU WUJUD PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN ANAK  ABH

    KPAI PENGAWASAN DI LPKA BENGKULU WUJUD PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN ANAK ABH

    PENEGAK HUKUM WAJIB MEMBERITAHUKAN HAK ATAS RESTITUSI KEPADA KORBAN

    PENEGAK HUKUM WAJIB MEMBERITAHUKAN HAK ATAS RESTITUSI KEPADA KORBAN

    KPAI HADIRI RAKOR BERSAMA KSP, KEMEN PPPA, KEMEN PUPR :3 (TIGA) HAL PENTING YANG PERLU DIPASTIKAN TERKAIT PUSAT PERMAINAN ANAK

    KPAI HADIRI RAKOR BERSAMA KSP, KEMEN PPPA, KEMEN PUPR :3 (TIGA) HAL PENTING YANG PERLU DIPASTIKAN TERKAIT PUSAT PERMAINAN ANAK

  • Informasi Publik
    • Semua
    • Pengumuman
    • Laporan Tahunan
    • Renstra
    • LAKIP
    • Indikator Kinerja Utama
    • Perjanjian Kinerja
    • Magang
    • Himbauan
    TELAAH PENGAWASAN PEMENUHAN HAK PENGASUHAN ANAK PADA ORANG TUA TUNGGAL, ORANG TUA BERKONFLIK, DAN ORANG TUA BERCERAI

    TELAAH PENGAWASAN PEMENUHAN HAK PENGASUHAN ANAK PADA ORANG TUA TUNGGAL, ORANG TUA BERKONFLIK, DAN ORANG TUA BERCERAI

    LINDUNGI ANAK INDONESIA – Jingle KPAI (Official)

    LINDUNGI ANAK INDONESIA – Jingle KPAI (Official)

    PENERIMAAN PEGAWAI PEMERINTAH NON PEGAWAI NEGERI (PPNPN) TAHUN 2022

    PENERIMAAN PEGAWAI PEMERINTAH NON PEGAWAI NEGERI (PPNPN) TAHUN 2022

    PENGUMUMAN PENETAPAN HASIL SELEKSI TAHAP AKHIR CALON ANGGOTA KPAI PERIODE 2022-2027

    PENGUMUMAN PENETAPAN HASIL SELEKSI TAHAP AKHIR CALON ANGGOTA KPAI PERIODE 2022-2027

    PENGUMUMAN HASIL TES TERTULIS CALON ANGGOTA KPAI 2022-2027

    PENGUMUMAN HASIL TES TERTULIS CALON ANGGOTA KPAI 2022-2027

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI ANGGOTA KPAI 2022-2027

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI ANGGOTA KPAI 2022-2027

    PENERIMAAN PEGAWAI PEMERINTAH NON PEGAWAI NEGERI (PPNPN) 2022

    PENERIMAAN PEGAWAI PEMERINTAH NON PEGAWAI NEGERI (PPNPN) 2022

    PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPAI TAHUN 2022-2027

    PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPAI TAHUN 2022-2027

    Pemenang Kategori Tokoh Anak Inspiratif peduli terhadap perlindungan anak

    Kategori Kementerian/Lembaga yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis aplikasi SIMEP

    Pemenang Kategori Tokoh Anak Inspiratif peduli terhadap perlindungan anak

    ANUGERAH KPAI 2021 memberikan Penghargaan Khusus atas komitmen dan inovasi dalam perumusan kebijakan, koordinasi dan sinkronisasi penyelenggaraan perlindungan anak

    Pemenang Kategori Tokoh Anak Inspiratif peduli terhadap perlindungan anak

    Kategori Pemerintah Daerah yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis aplikasi SIMEP

    Pemenang Kategori Tokoh Anak Inspiratif peduli terhadap perlindungan anak

    Pemenang Kategori Tenaga Profesi Peduli Anak

  • Data
    • Data Perlindungan Anak
    • Regulasi
  • Layanan Publik
    • Pengaduan Online
    • KPAD
    • Layanan Persuratan
    • Layanan Pengaduan
  • Hubungi Kami
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil pencarian
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
Tidak ada hasil
Lihat semua hasil pencarian

TAWURAN PELAJAR MEMPRIHATINKAN DUNIA PENDIDIKAN

Ditayangkan oleh Davit Setyawan
14 Mei 2014
di Artikel
3 min read
1
Marak Kasus Kekerasan Anak Karena Masyarakat Ibukota Kurang Sosial
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsAppShare on Email

Perkelahian, atau yang sering disebut tawuran, sering terjadi di antara pelajar. Bahkan bukan “hanya” antar pelajar SMU, tapi juga sudah melanda sampai ke kampus-kampus. Ada yang mengatakan bahwa berkelahi adalah hal yang wajar pada remaja.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan, tawuran ini sering terjadi. Data di Jakarta misalnya (Bimmas Polri Metro Jaya), tahun 1992 tercatat 157 kasus perkelahian pelajar. Tahun 1994 meningkat menjadi 183 kasus dengan menewaskan 10 pelajar, tahun 1995 terdapat 194 kasus dengan korban meninggal 13 pelajar dan 2 anggota masyarakat lain. Tahun 1998 ada 230 kasus yang menewaskan 15 pelajar serta 2 anggota Polri, dan tahun berikutnya korban meningkat dengan 37 korban tewas. Terlihat dari tahun ke tahun jumlah perkelahian dan korban cenderung meningkat. Bahkan sering tercatat dalam satu hari terdapat sampai tiga perkelahian di tiga tempat sekaligus.

DAMPAK PERKELAHIAN PELAJAR
Jelas bahwa perkelahian pelajar ini merugikan banyak pihak. Paling tidak ada empat kategori dampak negatif dari perkelahian pelajar. Pertama, pelajar (dan keluarganya) yang terlibat perkelahian sendiri jelas mengalami dampak negatif pertama bila mengalami cedera atau bahkan tewas. Kedua, rusaknya fasilitas umum seperti bus, halte dan fasilitas lainnya, serta fasilitas pribadi seperti kaca toko dan kendaraan. Ketiga, terganggunya proses belajar di sekolah. Terakhir, mungkin adalah yang paling dikhawatirkan para pendidik, adalah berkurangnya penghargaan siswa terhadap toleransi, perdamaian dan nilai-nilai hidup orang lain. Para pelajar itu belajar bahwa kekerasan adalah cara yang paling efektif untuk memecahkan masalah mereka, dan karenanya memilih untuk melakukan apa saja agar tujuannya tercapai. Akibat yang terakhir ini jelas memiliki konsekuensi jangka panjang terhadap kelangsungan hidup bermasyarakat di Indonesia.

PANDANGAN UMUM TERHADAP PENYEBAB PERKELAHIAN PELAJAR
Sering dituduhkan, pelajar yang berkelahi berasal dari sekolah kejuruan, berasal dari keluarga dengan ekonomi yang lemah. Data di Jakarta tidak mendukung hal ini. Dari 275 sekolah yang sering terlibat perkelahian, 77 di antaranya adalah sekolah menengah umum. Begitu juga dari tingkat ekonominya, yang menunjukkan ada sebagian pelajar yang sering berkelahi berasal dari keluarga mampu secara ekonomi. Tuduhan lain juga sering dialamatkan ke sekolah yang dirasa kurang memberikan pendidikan agama dan moral yang baik. Begitu juga pada keluarga yang dikatakan kurang harmonis dan sering tidak berada di rumah.

Padahal penyebab perkelahian pelajar tidaklah sesederhana itu. Terutama di kota besar, masalahnya sedemikian kompleks, meliputi faktor sosiologis, budaya, psikologis, juga kebijakan pendidikan dalam arti luas (kurikulum yang padat misalnya), serta kebijakan publik lainnya seperti angkutan umum dan tata kota.

Secara psikologis, perkelahian yang melibatkan pelajar usia remaja digolongkan sebagai salah satu bentuk kenakalan remaja (juvenile deliquency). Kenakalan remaja, dalam hal perkelahian, dapat digolongkan ke dalam 2 jenis delikuensi yaitu situasional dan sistematik. Pada delikuensi situasional, perkelahian terjadi karena adanya situasi yang “mengharuskan” mereka untuk berkelahi. Keharusan itu biasanya muncul akibat adanya kebutuhan untuk memecahkan masalah secara cepat. Sedangkan pada delikuensi sistematik, para remaja yang terlibat perkelahian itu berada di dalam suatu organisasi tertentu atau geng. Di sini ada aturan, norma dan kebiasaan tertentu yang harus diikuti angotanya, termasuk berkelahi. Sebagai anggota, mereka bangga kalau dapat melakukan apa yang diharapkan oleh kelompoknya.

TINJAUAN PSIKOLOGI PENYEBAB REMAJA TERLIBAT PERKELAHIAN PELAJAR

Dalam pandangan psikologi, setiap perilaku merupakan interaksi antara kecenderungan di dalam diri individu (sering disebut kepribadian, walau tidak selalu tepat) dan kondisi eksternal. Begitu pula dalam hal perkelahian pelajar. Bila dijabarkan, terdapat sedikitnya 4 faktor psikologis mengapa seorang remaja terlibat perkelahian pelajar.

1. Faktor internal. Remaja yang terlibat perkelahian biasanya kurang mampu melakukan adaptasi pada situasi lingkungan yang kompleks. Kompleks di sini berarti adanya keanekaragaman pandangan, budaya, tingkat ekonomi, dan semua rangsang dari lingkungan yang makin lama makin beragam dan banyak. Situasi ini biasanya menimbulkan tekanan pada setiap orang. Tapi pada remaja yang terlibat perkelahian, mereka kurang mampu untuk mengatasi, apalagi memanfaatkan situasi itu untuk pengembangan dirinya. Mereka biasanya mudah putus asa, cepat melarikan diri dari masalah, menyalahkan orang / pihak lain pada setiap masalahnya, dan memilih menggunakan cara tersingkat untuk memecahkan masalah. Pada remaja yang sering berkelahi, ditemukan bahwa mereka mengalami konflik batin, mudah frustrasi, memiliki emosi yang labil, tidak peka terhadap perasaan orang lain, dan memiliki perasaan rendah diri yang kuat. Mereka biasanya sangat membutuhkan pengakuan.

2. Faktor keluarga. Rumah tangga yang dipenuhi kekerasan (entah antar orang tua atau pada anaknya) jelas berdampak pada anak. Anak, ketika meningkat remaja, belajar bahwa kekerasan adalah bagian dari dirinya, sehingga adalah hal yang wajar kalau ia melakukan kekerasan pula. Sebaliknya, orang tua yang terlalu melindungi anaknya, ketika remaja akan tumbuh sebagai individu yang tidak mandiri dan tidak berani mengembangkan identitasnya yang unik. Begitu bergabung dengan teman-temannya, ia akan menyerahkan dirnya secara total terhadap kelompoknya sebagai bagian dari identitas yang dibangunnya.

3. Faktor sekolah. Sekolah pertama-tama bukan dipandang sebagai lembaga yang harus mendidik siswanya menjadi sesuatu. Tetapi sekolah terlebih dahulu harus dinilai dari kualitas pengajarannya. Karena itu, lingkungan sekolah yang tidak merangsang siswanya untuk belajar (misalnya suasana kelas yang monoton, peraturan yang tidak relevan dengan pengajaran, tidak adanya fasilitas praktikum, dsb.) akan menyebabkan siswa lebih senang melakukan kegiatan di luar sekolah bersama teman-temannya. Baru setelah itu masalah pendidikan, di mana guru jelas memainkan peranan paling penting. Sayangnya guru lebih berperan sebagai penghukum dan pelaksana aturan, serta sebagai tokoh otoriter yang sebenarnya juga menggunakan cara kekerasan (walau dalam bentuk berbeda) dalam “mendidik” siswanya.

4. Faktor lingkungan. Lingkungan di antara rumah dan sekolah yang sehari-hari remaja alami, juga membawa dampak terhadap munculnya perkelahian. Misalnya lingkungan rumah yang sempit dan kumuh, dan anggota lingkungan yang berperilaku buruk (misalnya narkoba). Begitu pula sarana transportasi umum yang sering menomor-sekiankan pelajar. Juga lingkungan kota (bisa negara) yang penuh kekerasan. Semuanya itu dapat merangsang remaja untuk belajar sesuatu dari lingkungannya, dan kemudian reaksi emosional yang berkembang mendukung untuk munculnya perilaku berkelahi.

Sebelumnya

Pelecehan Anak Marak, KPAI Hari Ini Temui Presiden

Berikutnya

Selidiki Guru Cabul, KPAI Datangi Playground

TERKAIT

KOLABORASI DAN SINERGI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN HAK RESTITUSI

KOLABORASI DAN SINERGI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN HAK RESTITUSI

31 Juli 2022
19
PARTISIPASI ANAK-ANAK SURABAYA DALAM MENYUARAKAN HAK DI HARI ANAK NASIONAL 2022

PARTISIPASI ANAK-ANAK SURABAYA DALAM MENYUARAKAN HAK DI HARI ANAK NASIONAL 2022

29 Juli 2022
39
KPAI: SINERGI MITRA PEMBANGUNAN WUJUDKAN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK DI SURABAYA

KPAI: SINERGI MITRA PEMBANGUNAN WUJUDKAN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK DI SURABAYA

29 Juli 2022
29
SAMBUT HAN 2022, KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA GELAR ANUGERAH KPAI

SAMBUT HAN 2022, KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA GELAR ANUGERAH KPAI

21 Juli 2022
220
Subscribe
Connect with
Notify of
Connect with
1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Rayhan Arwa
18 April 2022 12:29 AM

Kondisi ini sangat memprihatinkan karena seorang pelajar seharusnya menggunakan waktu sebaik mungkin. Tawuran adalah perbuatan yang sangat tidak baik, disamping bisa merusak fasilitas umum, bahkan tawuran juga bisa menghilangkan nyawa seseorang. Jika melihat remaja akan tawuran sebaiknya melapor kepada pihak yang berwajib, hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan.

0
0
Balas
  • TRENDING
  • TANGGAPAN
  • TERKINI
POTRET KESENJANGAN PERLINDUNGAN ANAK DARI REGULASI HINGGA IMPLEMENTASI

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

1 November 2014
Undang – Undang (UU) RI No.9 Tahun 2012 Tentang Anak

Undang – Undang (UU) RI No.11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Anak

12 September 2013
Anak Pekerja yang Di-PHK akibat Terdampak Covid-19 Kian Rentan, KPAI Bentuk Pokja Khusus

Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI

10 Februari 2020
SEKOLAH RAMAH ANAK  BAGIAN KOMITMEN MEMBANGUN DUNIA RAMAH ANAK

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH DAN SOLUSINYA

18 Juni 2014
Undang – Undang (UU) RI No.9 Tahun 2012 Tentang Anak

STATUS HUKUM KEWARGANEGARAAN “ANAK” HASIL PERKAWINAN CAMPURAN

19 Februari 2014
Terima Award SSSG, Ketua KPAI: Ini Dedikasi untuk Perlindungan Anak

KPAI: Lihat Kekerasan pada Anak, Lapor!

130
KOMISIONER KPAI : Susanto, MA

KPAI : Siapa Penyebar Video Kekerasan SD Bukittinggi?

60

Kondisi Bocah Iqbal Saputra Kritis

39
POTRET KESENJANGAN PERLINDUNGAN ANAK DARI REGULASI HINGGA IMPLEMENTASI

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2002 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

25

PENGUMUMAN PESERTA YANG DINYATAKAN LULUS TES SELEKSI CALON ANGGOTA KPAI PERIODE TAHUN 2017-2022

24
KOLABORASI DAN SINERGI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN HAK RESTITUSI

KOLABORASI DAN SINERGI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN HAK RESTITUSI

31 Juli 2022
PARTISIPASI ANAK-ANAK SURABAYA DALAM MENYUARAKAN HAK DI HARI ANAK NASIONAL 2022

PARTISIPASI ANAK-ANAK SURABAYA DALAM MENYUARAKAN HAK DI HARI ANAK NASIONAL 2022

29 Juli 2022
KPAI: SINERGI MITRA PEMBANGUNAN WUJUDKAN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK DI SURABAYA

KPAI: SINERGI MITRA PEMBANGUNAN WUJUDKAN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK DI SURABAYA

29 Juli 2022
SAMBUT HAN 2022, KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA GELAR ANUGERAH KPAI

SAMBUT HAN 2022, KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA GELAR ANUGERAH KPAI

21 Juli 2022
EFEKTIF, PELATIHAN JURNALISTIK DAN KEHUMASAN

EFEKTIF, PELATIHAN JURNALISTIK DAN KEHUMASAN

15 Juli 2022

BERITA LAINNYA

KOLABORASI DAN SINERGI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN HAK RESTITUSI

PARTISIPASI ANAK-ANAK SURABAYA DALAM MENYUARAKAN HAK DI HARI ANAK NASIONAL 2022

KPAI: SINERGI MITRA PEMBANGUNAN WUJUDKAN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK DI SURABAYA

SAMBUT HAN 2022, KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA GELAR ANUGERAH KPAI

EFEKTIF, PELATIHAN JURNALISTIK DAN KEHUMASAN

KPAI : TINGKATKAN PENGAWASAN PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN ANAK-ANAK PENGUNGSI LUAR NEGERI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)

Komisi Perlindungan Anak Indonesia

Jl. Teuku Umar No. 10 Gondangdia Menteng Jakarta Pusat DKI Jakarta, Indonesia

Telepon:
(+62) 021 31901446, 021 31900659

Pengaduan:
(+62) 021 31901556

Fax:
(+62) 021 3900833

Email:
info@kpai.go.id
humas@kpai.go.id
pengaduan@kpai.go.id

©2020. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)

Tidak ada hasil
Lihat semua hasil pencarian
  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah
    • Logo KPAI
    • Komisioner
    • Struktur Organisasi
  • Publikasi
  • Informasi Publik
  • Data
    • Data Perlindungan Anak
    • Regulasi
  • Layanan Publik
    • Pengaduan Online
    • KPAD
    • Layanan Persuratan
    • Layanan Pengaduan
  • Hubungi Kami

© 2019 KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA (KPAI)

Login to your account below

Forgotten Password?

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
wpDiscuz
1
0
Berpartisipai melalui Tanggapanx
()
x
| Balas